Kamis, 15 September 2011

Kacer

Kacer mempunyai nama ilmiah Copsychus saularis termasuk dalam phylum chordata, ordo passeriformes, family muscicapidae, genus copsychus. Habitat asli burung yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Magpie Robin/Oriental Magpie Robin/Straits Robin ini adalah daerah hutan terbuka, kebun dekat pemukiman penduduk. Burung ini lebih menyukai area terbuka di pinggiran hutan dibandingkan dengan di dalam hutan yang lebat. Meskipun menyukai daerah terbuka, namun belum pernah ada keterangan yang menyebutkan mereka juga hidup di daerah dekat laut/pantai.

Secara umum burung ini mempunyai ukuran panjang tubuh sampai 19 cm jika diukur dari ujung paruh sampai ujung ekor. Kacer jantan dewasa mempunyai warna bulu bagian kepala dan atas berwarna hitam mengkilat, sementara pada sebagian sayap mulai dari bahu sampai ujung sayap sebagian berwarna putih. Untuk jenis poci/sekoci pada bagian bawah dada sampai ke ujung ekor bagian bawah bewarna putih, sedangkan untuk yang jenis jawa timur berwarna hitam. Pada betina didominasi warna abu-abu cenderung kusam. Sedangkan pada burung jantan muda warna bulu pada bagian atas dan kepala masih terdapat warna coklat.

Kacer
Pakan :
Makanan utama burung ini adalah serangga, namun adakalanya mereka memangsa cacing dan kadang-kadang juga memakan buah-buahan, bahkan ada Kacer yang juga mengkonsumsi madu. Kacer yang dipelihara selain mengkonsumsi EF (Extra Fooding) seperti jangkrik, ulat, kroto (telur semut) dan belalang, juga mengkonsumsi pakan khusus burung buatan pabrik yang disebut voer / pur.

Kacer umunya mengalami musim kawin antara bulan Januari sampai Juni. Sang jantan akan memikat betinanya dengan nyanyian dan tariannya yang menawan. Mereka biasa membuat sarang dari rumput, daun serta dahan kering, juga dari akar-akaran dan lumut. Sarang mereka berbentuk seperti cawan. Mereka membuat sarangnya bisa dimana saja, seperti pada semak belukar, dahan pohon yang tidak terlalu tinggi, rongga / lubang pohon tua bahkan dekat dengan permukiman penduduk, seperti di atap – atap rumah. Sang betina akan bertelur sebanyak 3 – 5 butir. Pengeraman dilakukan oleh sang betina.

Kacer termasuk jenis burung yang cakupan penyebarannya cukup luas. Mereka bisa ditemukan di India/Bangladesh, Malaysia, Philipina bahkan sampai ke Pulau Jawa, terutama di Provinsi Jawa Timur. Secara umum masyarakat Indonesia mengenal dua jenis Kacer, yakni jenis Kacer berdada putih yang lebih dikenal dengan nama Kacer Sekoci/Poci dan Kacer dada hitam (seluruh bodi berwarna hitam, kecuali di bagian sayap ada sedikit warna putih) yang dikenal sebagai Kacer Jawa Timur. Secara umum kedua jenis Kacer tersebut mempunyai karakteristik suara yang hampir sama. Perbedaannya Kacer Jawa Timur volume suara lebih tebal namun Kacer dada putih mempunyai kelebihan dalam hal variasi nyanyian.

Masyarakat Indonesia senang memelihara Kacer dikarenakan burung ini relatif mudah dalam pemeliharaannya. Kacer biasa dipelihara untuk lomba ataupun hanya sekedar dijadikan hobi semata. Namun akhir-akhhir ini sudah banyak para penangkar lokal yang telah berhasil melakukan menangkarkan Kacer. Mereka tertarik untuk menangkarkankan jenis burung ini karena relatif mudah dan juga mempunyai prospek bisnis yang cukup menjanjikan, selain itu juga didasari oleh rasa kesadaran akan pentingnya memelihara kelangsungan hidup jenis burung yang satu ini.

Tabiat Kacer yang suka meniru suara burung lain, membuat para pecinta Kacer sering melakukan pengisian suara jenis burung yang lain yang sesuai dengan karakterisitiknya. Proses pengisian suara ini dalam istilah perburungan sering disebut memaster. Pemasteran banyak dilakukan untuk jenis burung yang dilombakan maupun rumahan.

Karakter dasar kacer :
burung ini sangat mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan. tipe burung petarung yang mudah terpancing emosinya (tempramental),  Apabila mendengar suara burung lain atau melihat burung sejenis, maka semangat tempurnya langsung berkobar.

Burung ini sangat mudah naik birahinya, banyak penyebab yang dapat membuat naiknya birahi pada burung jenis ini. Stelan EF (Extra Fooding) yang over, penjemuran yang berlebih atau melihat burung Kacer betina, dapat dengan cepat menaikkan tingkat birahinya.

Berikut cara memilih kacer yg baik dari berbagai sumber :
  • Kelamin jantan, dengan warna bulu. hitam yang tegas mengkilap dan kontras
  • Sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
  • Kepala berbentuk kotak, mata bulat besar dan melotot. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik.
  • Pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
  • Lincah dan bernafsu makan besar, merupakan ciri-ciri yang bermental baik.
  • Leher panjang padat berisi, Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.
Perawatan dasar harian kacer :
  1. Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung).
  2. Bersihkan kandang harian (kebersihan kandang dapat mempengaruhi performa pada setiap jenis burung manapun), ganti atau tambahkan voer dan air minum secukupnya.
  3. Berikan jangkrik secukupnya (sesuai keseharian) di cepuk EF, ingat jangan memberikan jangkrik secara langsung pada burung.
  4. Jemur 1-2 jam/hari (waktu ideal 08.00-10.00)
  5. Istirahatkan burung pada siang hari (di kerodong bila perlu)
  6. Sore hari burung di gantang kembali ke teras, boleh dengan EF (secukupnya saja bila perlu)
  7. Malam hari istirahatkan burung (kerodong bila perlu)

1 komentar:

  1. • Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 3 s/d 5 minggu - Rp. 1.300.000
    • Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 6 s/d 9 minggu - Rp. 1.600.000
    • Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 10 s/d 12 minggu - Rp. 1.900.000
    • Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 13 s/d 16 minggu - Rp. 2.400.000
    • Harga Burung Murai Nias MH - Rp. 600 .000 – Rp. 800.000
    • Harga Burung Murai Nias umur 2 bulan -Rp. 1.000.000
    • Harga Burung Murai Medan MH - Rp. 1.100 – Rp. 800.000
    • Harga Burung Murai Lampung MH - Rp. 700 .000 – Rp. 500.000
    • Harga Burung Murai Lampung umur 2 bulan - Rp. 1.000 .000
    • Harga Burung Murai Borneo MH umur - Rp. 300.000 – Rp. 400.000
    • Harga Burung Murai Borneo umur 2 bulan - Rp. 600.000
    • Harga Burung Medan Jantan umur 3 s/d 4 minggu - Rp. 850.000
    • Harga Burung Medan Jantan umur 5 s/d 6 minggu - Rp. 900.000
    • Harga Burung Medan Jantan umur 7 s/d 8 minggu - Rp. 1.100.000
    • Harga Burung Medan Jantan umur 9 s/d 10 minggu - Rp. 1.400.000
    • Harga Burung Medan Betina umur 3 s/d 5 minggu - Rp. 500.000
    • Harga Burung Medan Betina umur 6 s/d 9 minggu - Rp.750.000
    • Harga Burung Medan Betina umur 10 s/d 12 minggu - Rp. 800.000
    • Harga Burung Medan Betina umur 13 s/d 16 minggu - Rp. 1.000.000
    Nama Penangkar: CHANDRA Alamat: PERUM CITRA GARDEN II Blok J 8 No: 3 PEGADUNGAN – KALIDERES JAKARTA – BARAT
    Jumlah Kandang: 1
    Jenis yang di tangkarkan:
    Cara Pesan HUB:082313332548

    BalasHapus